Metabolit Primer dan Metabolit Sekunder


gink

 

Kajian kimia organik bahan alam meliputi senyawa-senyawa yang berasal dari sumber hayati seperti mikroorganisme, tanaman maupun hewan. Beragamnya senyawa yang berhasil ditemukan baik yang terjadi secara alami, merupakan salah satu pertimbangan perlunya pengkhususan dalam mempelajari senyawa-senyawa dari alam. Secara garis besar senyawa-senyawa tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsi dan proses terbentuknya menjadi dua kelompok yaitu metabolit primer dan metabolit sekunder.

Fungsi karbohidrat, protein, dan lemak pada makhluk hidup sudah jelas, antara lain karbohidrat sebagai sumber energi dan protein untuk pertumbuhan. Hal tersebut  berlaku secara umum pada semua makhluk hidup. Nutrien-nutrien tadi disebut sebagai metabolit primer. Tumbuhan pada saat kena hujan atau panas tidak dapat menghindar atau lari untuk berteduh, tetapi tumbuhan tersebut mengeluarkan atau menghasilkan senyawa tertentu yang dapat melindungi dirinya dari pengaruh hujan atau panas. Senyawa-senyawa yang dimaksud disebut dengan metabolit sekunder.

 

Perbedaan Metabolit Primer dan Metabolit Sekunder

Parameter Metabolit primer Metabolit sekunder
Distribusi Merata dalam tiap organisme Tidak merata
Fungsi Universal, antara lain sumber energi, pertumbuhan Ekologis, antara lain penarik serangga, pertahanan.
Struktur kimia Perbedaan kecil Berbeda-beda
Fisiologi Berkaitan dengan struktur kimia Tidak berkaitan dengan struktur kimia

 

 

Hubungan metabolit primer dan metabolit sekunder

Metabolit sekunder terbentuk dari metabolit primer melalui berbagai jalur metabolisme yang disesuaikan dengan tujuan dan kondisi lingkungan tumbuhan tersebut tumbuh.

h

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *