KKN Punya Cerita


IMG_4401

Formasi Lengkap Lubuk Gadang

Di Universitas Andalas, KKN adalah salah satu mata kuliah wajib di semester 6. Jadilah saya dan teman2 se-angkatan (kecuali mahasiswa fakultas kedokteran dan kedokteran gigi yang KKN di semester 8) sejak bulan Juni-Juli kemarin mengikuti kuliah ini.

Saya ditempatkan di Kabupaten Solok Selatan, tepatnya di Jorong Bukit Patanangan, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir. Kalau dari Padang sekitar 4-4,5 jam dengan mobil pribadi dan 5-6 jam dengan bus.

KKN kali ini dilaksanakan selama 40 hari, termasuk libur lebaran, jadi hitungan bersihnya kira-kira 30-35 hari. Di nagari Lubuk Gadang ini saya dan teman-teman ada 34 orang, yang dibagi ke 5 jorong, jadi di tiap jorong ada 6-7 mahasiswa.

Saya kebagian di jorong Bukit Patanangan dengan 6 orang teman, jadi kami ada 7 orang, laki-laki 3 orang dan perempuan 4 orang, dengan berbagai macam jurusan.

Sedikit perkenalan dengan keluarga baru saya *ehem* selama KKN, here we go:

 

tansi4

dari kiri: Iza-David-Kar-Emir-Zolla-Afri-Radhia

Iza- nama lengkapnya Liza Marianti, jurusan biologi, doi ahlinya dalam semua urusan dapur, mulai dari giling cabe, bikin gulai, masak nasi pake tungku, chef kami selama KKN

David- nama lengkapnya Sawali Fitra, jurusan peternakan, yang hingga sekarang kami masih bingung darimana asal nama panggilannya tuh, pelor abis, nempel molor dimana-mana

Kar- nama lengkapnya Kartika Gusdilla Putri, jurusan manajemen, hantu gosip, penghidup suasana banget selama KKN, pas doi pulang duluan sebelum lebaran kerasa banget sepinya

Emir- nama lengkapnya Amir Husin, jurusan hukum, ketua jorong kami, orang medan, pas pertama kenalan kesannya serius tapi ternyata bisa ngelucu juga wkwk

Afri- nama lengkapnya Afri Zardi Putra, jurusan teknik mesin, paling rajin bersih-bersih, rada garing

Radhia- nama lengkapnya Radhia Ashabul Kahfi Bey, panjang banget namanya, doi yang paling gaek diantara kami, paling susah dibangunin, hantu gosip kedua, paling dewasa

Walaupun ditempatkan di 1 jorong, tapi karena nagari ini cukup besar ada 19 jorong, jadi kami memegang 5 jorong: Bukit Patanangan, Kototinggi, Padang Aro, Timbulun Atas dan Timbulun Bawah.

Di sini awalnya kami tinggal di kamar kontrakkan, yang laki-laki dan perempuan sebelahan kamarnya, tapi karena satu dan lain hal jadinya yang perempuan pindah ke rumah warga, di rumah makwo, doi cuma tinggal berdua sama anaknya, doi baiiiik banget, pas kami mau balik ke Padang doi berulang2 nangis, duuh jadi cidihh dedek nich :'(

makwo kami

makwo kami

Selama KKN kami juga cukup dekat dengan keluarga Kepala Jorong, doi sering ngajak main, mungkin kasian kali ya liat 7 onggok mahasiswa KKN yang gak kemana-mana karena gak bawa kendaraan wkwk, ini nih foto kami bareng keluarga doi, mahasiswa KKN mana coba yang foto studio sama Kepala Jorongnya haha *sombong*

epjo

Bicara tentang program kerja, yaa biasalah kayak apa yang dilakukan anak KKN pada umumnya, ada MTQ, ikut Safari Ramadhan, penyuluhan di Masjid, penyuluhan di SD, dll. Sedangkan untuk proker nagari kami mengadakan acara Ranking 1 untuk siswa SD dan membuat Plang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Dan eitsss, jangan lupakan proker pariwisata heuaheuaheu, berikut beberapa destinasi wisata di Solok Selatan yang sudah kami kunjungi: (untuk selengkapnya tunggu di postingan selanjutnya ya)

  • Kebun Teh Liki Solok Selatan – 15 menit dari posko
  • Kebun Teh Bangun Rejo – 10 menit dari posko
  • Puncak Bangun Rejo – 20 menit dari posko
  • Hot Waterboom Sapang Maluluang Solok Selatan di Sungai Pagu – 30 menit dari posko
  • Rumah Gadang terpanjang di Abai – 1 jam 15 menit dari posko
  • Air Terjun Tansi Ampek – 45 menit dari posko + jalan kaki 45 menit

Yap, beruntung sekali rasanya ditempatkan di daerah yang banyak tujuan wisatanya, seperti kata pepatah, “proker done, jalan2 done”, wkwk. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang ingin kami kunjungi di sini, tetapi karena terbatas waktu dan kendaraan jadi hanya beberapa yang ter-explore.

KKN ternyata tidak seburuk dan seseram yang kami saya dibayangkan, jadi pengen balik ke sini lagi, ngapain? jalan-jalan dong! huehauheauehuaheuaheau

Foto-foto:

MTQ

Kunjungan ke SD

Kunjungan ke SD

bareng Pak Jorong Bukit Patanangan dan Pak Jorong Padang Aro

bareng Pak Jorong Bukit Patanangan dan Pak Jorong Padang Aro

surveiii

Sensus Penduduk nich

Senam Penguin duluu

Senam Penguin duluu

sdd

Acara di Masjid

buka bersama

buka bersama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *