Beralih dari Blogger ke WordPress 2


WP-Vs-Blogger

ini kok gambarnya kebalik yah hmmm

Heyho, lagi semangat-semangatnya nih ngisi web padahal laporan KKN masih menatap manja wkwk, but it’s okay sekalian menambah-nambah postingan biar lolos si Adsense yang hard to get, jual mahal bangets nih doi, btw, seperti yang pernah saya ceritakan di sini, ini website rumah baru saya dan baru kali ini pake wordpress (wp)

Setelah beberapa bulan ini menggunakan wp sebagai platform ini web, saya udah mulai bisa move on dari blogger ke wp dan beradaptasi baik dengan wp *eaaaa* *peluk*

Overall, menggunakan wp ternyata nggak sesulit dan seribet yang saya bayangkan dulu ketika masih pake blogger, wp ini sangat easy to use, malahan sekarang saya rasanya lebih mudah dan nyaman menggunakan wp. Mungkin karena self hosted domain jadi pasti nyaman lah *sombong*.

Perbedaan yang paling terasa itu widgetnya, karena kalau di blogger musti pake kode html dulu atau malahan musti diedit di template dengan kode seabrek-abrek itu, sedangkan di wp cuma tinggal download plugin, ubah setting-nya. dan selesai. Plugin ini juga selalu di-update dan ada banyak sekali plugin yang bisa digunakan. Tema yang tersedia pun sangat banyak dan sangat mudah digunakan, mau ganti tema ya tinggal ganti, kalau ada tema yang dimodif akan tersimpan jadi nggak perlu utak-atik dari awal.

Begitu juga dengan dashboard, wp lebih simpel dan nggak serame blogger. Untuk mengatur postingan pun mudah, mau edit postingan ada 2 pilihan, edit keseluruhan atau quick edit untuk edit yang kecil-kecil kayak judul, label, tag, jadi nggak susah harus buka satu persatu.

Satu hal yang masih saya gagal paham di wp ini yaitu statistiknya, saya coba-coba pake plugin untuk statistik kayak jetpack, POWr Hit Counter, dan ada 2 lagi tapi lupa namanya, yang selalu beda hitungan statistiknya, jauh banget bedanya sampe ratusan, udah bahagia dengan statistik yang tinggi eh ternyata fake, kan bikin php :'( jadinya bingung mau percaya yang mana, tetapi sejauh ini kayaknya yang lebih akurat itu jetpack. Sedangkan kalau di blogger statistik blog lebih jelas tapi nggak terlalu detail, musti pake widget tambahan dulu. Kalau di wp enaknya itu statistiknya detail banget, dari keyword, search engine, top posts & pages, referrers, IP adress, etc, kan saya orangnya concern banget kalau masalah visitors, wkwk.

Jadi, jangan heran ya kalau lihat home web ini *kayak ada yang lihat aja* statistiknya beda-beda, untuk sementara ini saya biarkan sahaja lah dulu, pengennya itu widget yang menampilkan jumlah visitor perhari, visitor online, visitor perminggu, dengan tampilan menarik, tapi sampe sekarang belum ketemu huhuhu, anyone please help meh w_w

Last, kalau ditinjau dari segi SEO berhubung saya masih belum terlalu paham dan masih baca-baca jadi nanti dibahas ya heuaheuaheauheaue, stay tune untuk kamu yang tersesat di sini XOXO.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “Beralih dari Blogger ke WordPress