Resume Jurnal: Pengembangan dan Validasi Metode Analisis Campuran Levodopa dan Carbidopa dengan RP-HPLC-PDA


clinical-laboratory-people-isometric-icons-vector

Simultaneous estimation of levodopa and carbidopa in bulk,  pharmaceutical dosage forms and dissolution sample analysis by RP-HPLC-PDA method

Sravanthi, M. Anusha, S. Madhavi, Shaik Firdose and Buchi N. Nalluri*
Department of Pharmaceutical Analysis, KVSR Siddhartha College of Pharmaceutical Sciences, Vijayawada, AP, India

sumberhttp://www.jocpr.com/articles/simultaneous-estimation-of-levodopa-and-carbidopa-in-bulk-pharmaceutical-dosage-forms-and-dissolution-sample-analysis-by.pdf
__________________________________________________________________________________________

Pada penelitian ini dilakukan analisis kombinasi obat levodopa dan carbidopa dengan metode HPLC dengan menggunakan detektor PDA. Fase diam yang digunakan adalah Phenomenex C18- RP Aqueous (250 x 4.6mm, 5 µm) dengan fase gerak 0.05%(v/v) o-phosphoric acid: acetonitrile (96:4%v/v). Pada pemilihan fase gerak awalnya diuji dengan fase gerak 15 mM phosphate buffer and methanol (90:10%w/v) namun memberikan puncak yang luas dan terbagi. Kemudian dicobakan dengan fase gerak yaitu 0.1% w/v octane sulphonic acid : acetonitrile (90:10), kedua zat terelusi pada waktu hampir sama dengan waktu retensi masing-masing 3,1 menit dan 3,3 menit, pada percobaan selanjutnya didapatkan fase gerak yang sesuai yaitu 0.05% o-phosphoric acid and acetonitrile (90:10%v/v) yang memberikan bentuk puncak dan waktu retensi yang bagus. Deteksi dilakukan pada 220 nm.  Waktu retensi levodopa adalah 4,2 menit dan carbidopa 7,4 menit.

Larutan standar dan seri kalibrasi disiapkan dengan menggunakan pelarut campuran metanol dan HCl. Selanjutnya dilakukan validasi yang meliputi linearitas, presisi, akurasi, LOD, LOQ. Linearitas levodopa pada rentang konsentrasi 20-100 µg/mL dan carbidopa 10-50 µg/mL memberikan koefisien korelasi (r) masing-masingnya 0,997 dan 0,995. Selanjutnya dilakukan presisi pada 1 konsentrasi dengan 6 kali pengulangan, didapatkan hasil %RSD levodopa 0,21 dan carbidopa 0,57. Akurasi dilakukan dengan penambahan sebanyak 80%, 100% dan 120%, didapat hasil akurasi levodopa pada kisaran 99,13-101,23% dan carbidopa 99,52-101,46%. Kemudian untuk LOD dan LOQ dihitung dari kurva kalibrasi, nilai LOD dan LOQ levodopa adalah 0,217 µg/mL dan 0,657 µg/mL, sedangkan nilai LOD dan LOQ carbidopa adalah 0,095 µg/mL dan 0,289 µg/mL. Selanjutnya diuji kadar obat pada setipa tablet dengan membandingkan luas area standar dengan sampel. Didapatkan hasil yang berada pada persyaratan.

Pada penelitian ini juga dilakukan uji disolusi, dan didapatkan hasil profil disolusi levodopa dan carbidopa adalah:

ss

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode RP-HPLC-PDA memenuhi persyaratan validasi ICH dan merupakan metode analisis yang dapat digunakan untuk analisis kuantitatif kombinasi obat levodopa dan carbidopa, hasil linearitas, presisi, akurasi dan spesifisitas sesuai dengan syarat yang ditetapkan. Metode ini sensitif, ekonomis, cepat dan spesifik dan memiliki banyak kelebihan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *