Pembekuan Darah: Mekanisme, Faktor, Obat


1374650

 

  1. Apakah yang dimaksud dengan homeostasis?

Jawab:

Homeostasis adalah kemampuan fisiologis tubuh dalam mempertahankan keseimbangan semua jaringa hidup untuk memelihara dan mempertahakan kondisi setimbang. Salah satu contoh homeostasis yaitu koagulasi, yaitu saat penambalan dinding pembuluh dan faktor koagulasi untuk menghentikan pendarahan.

 

  1. Bagaimanakah mekanisme pembekuan darah? Ceritakan dengan ringkas. 

Jawab:

Saat kita luka, trombosit pecah dan enzim trombokinase keluar bercampur dengan plasma darah. Protrombin (protein plasma yang pembentukannya memerlukan vitamin K) diubah menjadi trombin oleh enzim trombokinase, juga dipicu oleh ion Ca. Trombin lalu mengubah fibrinogen menjadi fibrin, yaitu protein berupa benang saling bertautan sehingga sel darah merah & plasma terjaring membentuk gumpalan, Gumpalan digantikan oleh jaringan baru dan luka menutup.

  1. Bagaimanakah peranan vitamin K terkait dengan pembekuan darah? 

Jawab:

Vitamin K berperan dalam membentuk protrombin, yaitu protein plasma yang dapat diubah menjadi trombin oleh enzim trombokinase dan ion Ca.

 

  1. Dalam pembekuan darah, ada istilah faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Mengapa mereka dinamakan demikian?

Jawab:

Karena pada faktor intrinsik, semua faktor yang dibutuhkan untuk reaksi pembekuan darah ini ada di dalam pembuluh darah. Sedangkan pada faktor ekstrinsik, akan membutuhkan kontak dengan faktor jaringan di luar pembuluh darah untuk memulai pembekuan darah, faktor yang dibutuhkan adalah jaringan di luar pembuluh darah.

 

  1. Apakah yang dimaksud dengan fibrinolisis? 

Jawab:

Fibrinolisis adalah kondisi pecahnya senyawa fibrin. Sehingga darah tidak lagi menggumpal.

 

  1. Bagaimanakah mekanisme kerja heparin? Mengapa ia disebut inhibitor trombin “tidak langsung”? 

Jawab:

Disebut ‘tidak langsung’ karena untuk menonaktifkan trombin, heparin harus terikat dulu pada antitrombin (AT) dan trombin. Interaksi heparin & AT akan menghasilkan perubahan AT dan menghambat trombin.

 

  1. Apa contoh obat pada golongan inhibitor trombin langsung? Bagaimana cara kerjanya sehingga ia dinamakan “langsung”? 

Jawab:

Bivalirudin, hirudin dan argatroban. Obat jenis ini dinamakan ‘langsung’ karena ia akan terikat langsung ke trombin tanpa harus terikat dulu ke kofaktor antitrombin (AT) dan efektif untuk menghambat ikatan fibrin serta trombin bebas.

 

  1. Apa beda obat golongan fibrinolitik dengan golongan antikoagulan dalam hal mekanisme kerjanya? 

Jawab:

Antikoagulan mencegah pembekuan darah dengan cara menghambat pembentukan atau menghambat fungsi beberapa faktor pembekuan darah. Sedangkan fibrinolitik bekerja memecah fibrin yang telah terbentuk agar tidak lagi menggumpal sehingga aliran darah kembali lancar.

 

  1. Bagaimana mekanisme kerja antiplatelet? 

Jawab:

Obat anti platelet bekerja menghambat adanya agregasi platelet dan pembentukan thrombus dalam tubuh. Sehingga darah dapat mengalir lancar. 

 

  1. Tuliskan 3 buah contoh obat gangguan pembekuan darah dari golongan obat yang berbeda! 

Jawab:

Heparin, Streptokinase, Aspirin.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *