Mengenal SAMSUNG Lebih Dekat


maxresdefault (2)

Siapa sih yang nggak tau Samsung? Perusahaan dengan ciri khas logo berwarna biru dengan huruf A tanpa garis horizontal ini adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Perusahaan yang berawal dari bisnis ekspor buah-buahan dan sayur-sayuran ini semakin berkembang dan tidak hanya mencakup produk elektronik, berikut perjalanan samsung dari awal hingga samsung yang kita kenal saat ini:

 

1. Tentang Samsung

Samsung adalah perusahaan pembuat perangkat elektronika terbesar di dunia, dan berkantor pusat di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan.

1

Samsung Town

Perusahaan ini merupakan ikon dari Samsung Group, yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan. Berawal dari bisnis ekspor kecil di Taegu, Korea, Samsung telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan elektronik terkemuka di dunia, dengan spesialisasi pada media 3 dan peralatan digital, semikonduktor, memori, dan integrasi sistem. Kini proses serta produk inovatif dan berkualitas Samsung telah diakui di dunia. Itu semua menjadi tonggak utama dalam sejarah Samsung, yang menunjukkan bagaimana perusahaan ini telah mengembangkan jajaran dan pencapaian produknya, meningkatkan pendapatan dan pangsa pasarnya, dan mengikuti misinya untuk memberikan hidup yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh dunia.

 

2. Sejarah Samsung

Samsung pertama kali didirikan oleh Lee Byung Chul pada 1 Maret 1938. Nama samsung sendiri terdiri dari kata Sam yang berarti besar, luar biasa dan kuat, sedangkan kata ­sung yang berarti cerah, tinggi dan sinar yang tidak pernah padam, atau artinya “tiga bintang” dalam bahasa Korea.

3

Pabrik pertama Samsung

2Samsung mengawali sejarahnya pada tahun 1938 dengan modal 30.000 won sebagai perusahan yang yang terutama berfokus pada perdagangan ekspor yang menjual ikan kering Korea, sayur, dan buah ke Manchuria dan Beijing.

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, Samsung menambah bidang bisnis asuransi dan tekstil.4

Pada tahun 1951, perusahaan ini berubah menjadi Samsung Corporation. Samsung Electronics dibentuk pada tahun 1969 dengan nama Samsung Electric Industries. Pada tahun 1970-an Samsung-Sanyo mulai memproduksi televisi hitam-putih untuk penjualan domestik.

5Samsung mulai berfokus untuk memproduksi alat elektronik lainnya pada tahun 1980-an. Pada tahun 1980-an, Samsung mulai memproduksi air conditioner dan microwave. Selanjutnya pada tahun 1983, Samsung mulai memproduksi personal Computer (PCs).

6

Pada tahun 1986, Samsung mengembangkan tape recorder terkecil di dunia dengan ukuran 4mm.

7

Pada tahun 1991, Samsung menyelesaikan pengembangan mobile phone handset-nya.

Pada tahun 1996, Samsung mulai memproduksi secara masal 64M DRAMs dan mengembangkan 1 GB DRAMs.

Sampai pada tahun 1999, Samsung mulai mengembangkan smartphonenya.

Berikut perjalanan singkat Samsung yang telah berevolusioner menjadi perusahaan global yang memimpin industri digital dan teknologi.

1938 – 1970 : Samsung mengawali kiprahnya
1970 – 1980 : Melakukan Diversifikasi Industri dan Elektronika
1980 – 1990 : Memasuki Pasar Global
1990 – 1994 : Berkompetisi dalam Dunia Teknologi yang Berubah
1994 – 1997 : Menjadi Kekuatan Global
1997 – 2000 : Melampaui Batas Digital
2000 – sekarang : Memprakarsai Era Digital

Samsung Electronics adalah pemimpin pangsa pasar di dunia untuk lebih dari 60 produk. Pada saat ini perusahaan berada dalam tahap perkembangan yang sangat pesat, dimana produknya banyak dipakai masyarakat dan dipercaya pelanggan menjadi produk unggulan dalam produksi perangkat elektronik. Era digital telah membawa perubahan dan kesempatan yang revolusioner bagi bisnis secara global, dan Samsung telah menjawabnya dengan teknologi yang canggih, produk yang kompetitif, dan inovasi yang konstan.

 

Anak perusahaan Samsung diantaranya yaitu:

8

Samsung Electronics Co., Ltd

9

Samsung C&T Coorporation Co., Ltd

10

Samsung Life Insurance Co.,Ltd

11

Samsung SDS Co., Ltd

12

Samsung Heavy Industries Co.,Ltd

Samsung hadir di Indonesia pada tahun 1991 ditandai dengan keluarnya ijin investasi dari pemerintah dengan nama perusahaan PT. Samsung Metrodata Electronic.

Pada saat bersamaan, Samsung mulai membangun pabrik yang terletak di kawasan industri Jababeka dan selesai pada juni 1999..

 

3. Filosofi dan Nilai Samsung

3.1 Filosofi Samsung

Samsung menganut filosofi bisnis yang sederhana, yaitu mencurahkan sumber daya manusia dan teknologi untuk menciptakan produk dan jasa yang luar biasa, sehingga dapat memberikan sumbangsih untuk masyarakat global yang lebih baik. Setiap hari, orang-orang Samsung membawa serta filosofi ini dalam kehidupan mereka. Para pemimpin mencari orang-orang terhebat dari seluruh dunia, dan memberi mereka sumber daya yang diperlukan untuk melakukan yang terbaik di bidangnya. Hasilnya, semua produk, dari chip memori yang membantu bisnis menyimpan pengetahuan penting hingga telepon seluler yang menghubungkan orang-orang antar benua, memiliki tenaga untuk memperkaya hidup. Itulah makna dari menciptakan masyarakat global yang lebih baik.

 

3.2 Nilai-Nilai Samsung

Samsung percaya bahwa hidup dengan berpegang teguh pada nilai adalah kunci menuju bisnis yang baik. Di Samsung, kode etik yang ketat dan nilai-nilai inti tersebut menjadi dasar dari setiap keputusan yang dibuat:
a) Orang-orang
Cukup sederhana, sebuah perusahaan adalah orang-orang yang ada di sana. Samsung memberi kesempatan yang sangat luas bagi orang-orang Samsung untuk mencapai potensi mereka sepenuhnya.
b) Keunggulan
Semua yang dilakukan di Samsung didorong oleh gairah yang tak tertahankan untuk mencapai keunggulan —dan komitmen yang tak tergoyahkan- untuk mengembangkan produk dan layanan terbaik di pasar.
c) Perubahan
Dalam ekonomi global yang saat ini berjalan sangat cepat, perubahan secara konstan terjadi dan inovasi adalah hal yang sangat penting untuk mempertahankan sebuah perusahaan. Seperti yang telah dilakukan selama 70 tahun, Samsung mengarahkan pandangan ke masa depan, menangkap kebutuhan dan permintaan pasar agar dapat mengarahkan perusahaan menuju kesuksesan jangka panjang.
d) Integritas
Beroperasi dengan cara yang beretika adalah pondasi bisnis Samsung. Semua yang dilakukan dipandu oleh panduan moral yang memastikan keadilan, menghormati semua stakeholder dan transparansi sepenuhnya.
e) Mendukung kemakmuran
Sebuah bisnis tidak bisa berhasil bila tidak dapat menciptakan kemakmuran dan kesempatan untuk orang lain. Samsung didedikasikan untuk menjadi warga korporat yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan dalam setiap komunitas di mana Samsung beroperasi di seluruh dunia.

 

4. Logo Samsung

Nama perusahaan berasal dari Bahasa Korea Hanja “Samsung” yang berarti “tristar” atau “tiga bintang”. Ini menyebabkan, versi awal dari logo Samsung selalu menonjolkan tiga bintang dalam berbagai bentuk dan warna.

13

Samsung memperkenalkan identitas perusahaan baru pada tahun 1993, merayakan ulang tahun ke-55 perusahaan. Dominasi warna biru pada gambar logo Samsung sekarang telah menjadi salah satu logo yang paling populer dan dapat langsung dikenali di pasar elektronik

14

Pada gambar logo Samsung yang baru menampilkan latar belakang biru dalam bentuk oval yang diputar sekitar sepuluh derajat dari sumbu x, sehingga menghasilkan rasa ketegangan dinamis. Selain itu, tulisan “Samsung” yang seolah overlap pada background membuat seolah ada efek sorotan cahaya biru pada tulisan “Samsung”

15

Font pada Logo Samsung

Font yang digunakan pada gambar logo Samsung merupakan custom font yang dibuat khusus sebagai identitas utama perusahaan, yang memiliki kekuatan dalam branding sehingga mudah diingat walaupun dalam bentuk siluet sekalipun

 

5. Perusahaan Afilasi Samsung

Industri Elektronik
– Samsung Electro-Mechanics
– Samsung SDI
– Samsung Corning Precision Materials
– Samsung SDS
– Samsung Techwin
– Samsung Mobile Display
– Samsung Digital Imaging

Industri Mesin dan Alat Berat
– Samsung Heavy Industries

Industri Kimia
– Samsung Total Petrochemicals
– Samsung Petrochemicals
– Samsung Fine Chemicals
– Samsung BP Chemicals
Layanan Keuangan
– Samsung Life Insurance
– Samsung Fire & Marine Insurance
– Samsung Card
– Samsung Securities
– Samsung Investment Trust Management
– Samsung Venture Investment

Perusahaan Afilasi Lain
– Samsung C&T Corporation
– Samsung Engineering
– Cheil Industries
– Samsung Everland
– The Shilla Hotels & Resorts
– Cheil Worldwide

S1 Corporation
Samsung Medical Centre
Samsung Economics Research Institute

Organisasi Afiliasi
– Samsung Human Resources Development Centre
– Samsung Lions
– The Ho-Am Foundation
– Samsung Foundation of Culture
– Samsung Welfare Foundation

 

6. Produk-Produk Samsung

16

a. Mobile : Phone, Smartphone, Tablet
b. Aplikasi Mobile: Theme Service, Galaxy Apss, Find My Smartphone, Smartswitch, SideSync, Samsung Kids
c. TV: SUHD TV, UHD TV, Full HD TV, HD TV
d. Home Theater & Audio: Wireless Audio Multiroom, Soundbar, Home Entertainment System, Giga Sound Systems, Komponen Digital, Pemutar Blu-ray & DVD
e. Home Appliances: Lemari Es, Mesin Cuci, Microwave, Air Conditioner
f. Kamera
g. Computing: Windows Laptops, Windows Desktops, Chrome Devices, All-In-One PCs,Monitor, Printer
h. Memory & Storage: Solid State Drives, Portable SSD, USB Flash Drives, Memory Cards
i. Smart Home: Kits, Hubs, Sensors, Outlets
j. Security & Monitoring: IP Cameras, Security Systems, Baby Monitors
k. Accessories, TV Accessories, Cell Phone Accessories, Tablet Accessories, Printer Accessories, PC Accessories, Digital Camera Accessories, Refrigerator Accessories ,Washer & Dryer Accessories, Security System Accessories, Vacuum Accessories

 

7. Perkembangan Produk Ponsel Samsung

Ponsel pertama: SH 100 (1983)

17
Ponsel Ultra Ringan: SH 700(1993)

18
Desain Flip: SPH-A 500 (2003)

19
Masuk Era Smartphone: SCH-I 600 (2003)

20
Kualitas Kamera 2 MP: MM A-800 (2005)

21
Smartphone yang semakin pintar: Samsung Blackjack (2006)

22
Android Pertama: 17500 (2009)
23

Sumber

http://www.samsung.com/us/

http://www.samsung.com/id/aboutsamsung/samsung/valuesphilosophy

http://www.samsung.com/id/aboutsamsung/samsung/history_08/

http://www.samsung.com/us/aboutsamsung/samsung_group/history/

https://successstory.com/companies/samsung-group

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *