Mahasiswa Tahun Akhir


time_flies35.

Time flies so fast… rasanya baru kemarin ujian sbmptn, rasanya baru kemarin ikut ospek maba, rasanya baru kemarin menerima IP pertama, dan banyak “rasanya baru kemarin” lainnya.

Finally, sampailah sekarang di semester 7, di tahun 4, atau istilah kerennya “tahun akhir”

Sebagai mahasiswa yang baru menyandang status Mahasiswa Tahun Akhir cihuy saya dan teman2 seperjuangan masih menapaki jalan menuju S. Farm, dimulai dari memilih bidang penelitian, mencari dosen pembimbing, mencari judul penelitian, dan masih banyak tahap yang akan dilalui.

Dengan adanya penggantian status ini, kebiasaan2 dan kegiatan2 yang dulu dilakukan pun mulai bergeser, ketika masih maba mengejar kakak bp, sekarang bergeser jadi mengejar dosen, yang dulunya paling malas kalau dikasih tugas jurnal, sekarang jadi sering buka2 jurnal, yang dulunya di labor untuk praktikum, sekarang di labor untuk penelitian, yang dulunya ke fakultas cuma untuk ngurus KRS, sekarang fakultas jadi tongkrongan untuk mencari dosen atau melihat seminar senior, heuaheuaheauehua.

Bak kata pepatah “masuk bersama, keluar belum tentu bersama”, jalan yang kami lalui sekarang memang berbeda2, ada yang sudah mulai penelitian, ada yang sudah mulai menyusun proposal, ada yang masih galau nyari judul, ada yang masih belum ambil tugas akhir karena ingin mengulang mata kuliah, tapi, tentu saja, maunya keluar bersama. *aamiin

dan juga bak kata pepatah “luluslah di waktu yang tepat”, tapi, tentu saja, maunya lulus tepat waktu, 4 tahun. *aamiin

Akan butuh banyak perjuangan untuk menghadapi nano-nano tahun akhir.

So, are u ready?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *