Laboratorium di Farmasi Universitas Andalas


farmasiunand

Picture by Ivan Pratama

Universitas Andalas, atau biasa disingkat dengan UNAND, adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera Barat. Saat ini, UNAND ada di 3 lokasi, yaitu pusatnya di Padang (Limau Manis dan Jati), Payakumbuh dan Dhamasraya.

Tentunya kali ini saya nggak akan membahas tentang UNAND ya, postingan ini adalah mengenai Laboratorium di Farmasi Universitas Andalas. Sebuah tulisan iseng yang mungkin bisa menjadi gambaran untuk adik-adik yang ingin masuk Farmasi UNAND.

Farmasi UNAND, jurusan yang berkutat dengan obat-obatan ini sudah menjadi ‘rumah’ saya selama 3 tahun ini, berlokasi di Limau Manis, Padang, dan sekarang, farmasi UNAND sudah punya gedung baru loh, yang bertempat di seberang halte gedung D.

Begini penampakannya:

 

Di Farmasi UNAND, selama masa perkuliahan S1 kita wajib mengikuti 19 praktikum. Di farmasi sendiri ada 10 ruang laboratorium, dan dari 10 ruang, 9 yang digunakan untuk praktikum, yang artinya, ada laboratorium yang dipakai untuk 2 macam atau bahkan 3 macam praktikum.

Laboratorium farmasi saat ini masih bertempat di fakultas lama, kecuali laboratorium sentral yang sudah pindah baru-baru ini ke fakultas baru. Fakultas farmasi lama berlokasi di deretan fakultas MIPA. (sebenernya gedung fakultas lama ini masih bagian FMIPA, tapi karena farmasi sudah berdiri sendiri jadi gedungnya ‘dibagi’)

Begini penampakan fakultas farmasi lama :

dan penampakan laboratorium:

kembali ke judul, berikut laboratorium yang ada di farmasi UNAND:

1. Laboratorium Mikrobiologi Farmasi

labor mikfar berada di lantai 1, di dekat cafe farmasi, di labor ini dilakukan praktikum Mikrobiologi Farmasi (semester 2)

2. Laboratorium Formulasi Sediaan Padat

di sebelah kiri labor mikfar ada laboratorium formulasi sediaan padat, digunakan untuk praktikum tablet, mata kuliah Farmasetika III (semester 6).

3. Laboratorium Farmakologi dan Anatomi Fisiologi Manusia

lanjut ke lantai 2, ada 3 deretan labor, dari kiri ada laboratorium farmakologi
labor ini digunakan untuk 3 praktikum, yaitu:

a. Anatomi Fisiologi Manusia (semester 1)
b. Imunologi & Serologi (semester 3)
c. Farmakologi (semester 5)

yup, labor ini dipakai untuk semester ganjil, sehingga mahasiswa semester 1, 3 dan 5 harus cepat memilih jadwal praktikum agar tidak bentrok dengan jadwal praktikum lain, kalau telat ya harus legowo ditempatkan di jadwal yang tidak ‘strategis’ di mata mahasiswa (red: Jumat sore)

4. Laboratorium Formulasi Sediaan Steril

di sebelah kanan labor farmakol ada laboratorium formulasi sediaan steril, digunakan ketika praktikum steril untuk mata kuliah Farmasetika II (semester 5)

5. Laboratorium Biokimia Klinis

next, labor paling kanan dari 3 deret labor ini adalah laboratorium biokimia klinis, di sini dilakukan praktikum Biokimia (semester 2)

6. Laboratorium Biologi Farmasi

masih di lantai 2, labor ini terletak paling ujung, laboratorium biologi farmasi, di labor ini digunakan untuk 3 praktikum yaitu:

a. Botani Farmasi (semester 2)
b. Kimia bahan alam (semester 4)
c. Farmakognosi (semester 5)
ssst, labor ini terkenal ‘cukup’ angker loh, mungkin karena terletak paling ujung dan tersisih dari labor lain kali ya

7. Laboratorium Farmasi Fisika dan Farmakokinetika

lanjut ke lantai 3, labor ini  digunakan untuk 3 praktikum yaitu:

a. Farmasi Fisika (semester 3)
b. Analisa Fisiko Kimia (semester 4)
c. Biofarmasetika & Farmakokinetika (semester 5)

8. Laboratorium Formulasi Sediaan Cair dan Semisolid

labor ini terletak di sebelah kanan labor farmasi fisika, digunakan untuk 3 praktikum:Farmasetika I (semester 4) dan Farmasi Praktis I (semester 6)

9. Laboratorium Kimia Farmasi Analisismasih di lantai 3, labor ini terletak di atas labor biologi farmasi, digunakan untuk praktikum Kimia Farmasi Kualitatif II (semester 3) dan Kimia Farmasi Kuantitatif II (semester 4)

10. Laboratorium Sentral

Ini satu-satunya labor yang sudah pindah ke gedung baru, di sini banyak alat-alat canggih sehingga digunakan untuk penelitian, labor ini nggak digunakan untuk praktikum.

 

Ada satu lagi laboratorium yang berada di daerah fakultas farmasi lama, yaitu Laboratorium Biota Sumatera atau sering disebut LBS. Labor ini berdiri berkat bantuan dari Presiden RI kala itu Ibu Megawati, labor ini pernah direnovasi karena gempa yang terjadi di Sumatera Barat 30 September 2009, bisa dicek di sini sejarahnya. Di LBS ini juga digunakan untuk praktikum yaitu praktikum Kimia Organik (semester 2), di ruang lantai dua paling depan. Sedangkan ruangan lainnya digunakan untuk penelitian mahasiswa tahun akhir. Serta jika ada mahasiswa dari fakultas lain yang ingin menggunakan alat di LBS juga bisa.

note: foto menyusul

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *