Kosmetologi: LULUR


 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Di era modern seperti sekarang, tingkat kepedulian terhadap penampilan semakin meningkat. Kulit merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi penampilan. Kulit yang sehat akan memberikan penampilan yang baik. Kulit kusam, kering, ataupun penuaan kulit merupakan masalah yang timbul karena kulit yang tidak sehat yang muncul akibat adanya radikal bebas.
Kulit kusam dan kering akibat cuaca dan faktor luar bisa diatasi dengan melakukan perawatan kulit. Salah satunya dengan menggunakan lulur. Selain dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati, lulur juga bisa membantu membersihkan kotoran yang menempel di kulit sehingga menjadikan kulit menjadi sehat.
Seiring perkembangan teknologi kosmetik lulur bisa ditambahkan dengan bahan-bahan alami dalam bentuk ekstrak. Penggunaan bahan-bahan alami dikarenakan hasilnya lebih aman untuk kulit dan praktis dalam pemakaiannya. Salah satunya penggunaan buah sebagai bahan pembuatan kosmetik lulur karena kandungan Alpha Hidroxy Acid (AHA). AHA merupakan asam organik dan secara struktur memiliki satu gugus hidroksil yang terletak pada posisi alfa dari asam. AHA dapat ditemukan dalam bahan alami seperti dalam gula tebu (asam glikolat), asam susu (asam laktat), dan buah (asam malat, sitrat, dan tartrat). AHA digunakan untuk sediaan dermatologi dan produk kosmetik.
1.2  TUJUAN 
            – Mengetahui defenisi dan sejarah lulur
            – Mengetahui tujuan penggunaan lulur
            – Mengetahui jenis-jenis lulur
            – Mengetahui formula lulur
BAB II
ISI
1.1    DEFENISI DAN SEJARAH LULUR
Lulur adalah salah satu rahasia dari perawatan Kecantikan Keluarga Keraton Jawa yang sudah menjadi turun temurun telah digunakan oleh putri-putri keraton. Lulur tradisional sudah dipakai sejak berabad-abad yang lalu. Lulur diyakini menjadi metode terbaik untuk menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit. Ritual lulur ini dilakukan para putri keraton setiap hari selama 40 hari berturut-turut sebelum hari pernikahannya.
  Lulur adalah bentuk sediaan cair maupun setengah padat yang berupa emulsi kental, mudah dicuci dengan air dan ditujukan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang tidak terbersihkan oleh sabun dan memberikan kelembaban serta mengembalikan kelembutan kulit. Absorbsi lulur ke dalam kulit selain melalui saluran epidermis, juga melalui saluran-saluran di dalam kulit, seperti kelenjar rambut dan keringat. Untuk mendapatkan efek maksimal umumnya lulur digunakan dikulit selama 30 menit, agar efek dari lulur dapat meresap baik dalam kulit.
 Lulur merupakan salah satu metode perawatan untuk mengangkat sel – sel kulit mati yang kasar, kemudian untuk membantu membersihkan kotoran yang melekat pada kulit.
Lulur cocok digunakan untuk perawatan kulit tubuh bagi yang tinggal didaerah tropis karena berudara panas, yang menyebabkan kulit tubuh dengan mudah terkena sengatan matahari dan kotoran keringat.
1.2    TUJUAN & MANFAAT PENGGUNAAN LULUR
Tujuan penggunaan lulur antara lain yaitu:
Ø  mengangkat sel kulit mati
Ø  membersihkan kotoran yang melekat pada kulit
Ø  memelihara dan merawat kehalusan kulit serta mencerahkan kulit agar tidak kusam
Manfaat penggunaan lulur yaitu:

     – Mencerahkan Kulit Tubuh

Manfaat dari lulur salah satunya adalah mengangkat sel kulit mati. Sel-sel kulit yang mati dapat menyebabkan pigmentasi serta kekusaman kulit. Sel-sel kulit mati ini biasanya disebut dengan “daki”. Kulit akan terlihat lebih cerah dan bercahaya jika rutin luluran minimal dua minggu sekali.
– Mengencangkan Kulit
Lulur juga memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit. Kandungan protein dan kolagen alami dalam bahan-bahan lulur dapat meningkatkan elastisitas dan melindungi kulit dari pengaruh buruk radiasi di luar. Kebanyakan wanita yang rutin melakukan perawatan luluran akan tampak lebih segar dan awet muda.
– Menghilangkan Penyakit Kulit
Bahan-bahan lulur yang didominasi oleh rempah-rempah memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Luluran merupakan salah satu alternatif selain obat kimia untuk terapi penyembuhan. Biasanya lulur seperti ini mengandung jenis bahan seperti daun sirih dan kunyit.
– Menghilangkan Bau Badan
Bau badan dapat diatasi dengan membalurkan lulur di daerah tertentu. Hal tersebut dapat membantu mengurangi produksi keringat dan menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh. Pilih jenis lulur yang mengandung daun sirih atau daun pandan untuk menghilangkan bau badan.
 Menenangkan Syaraf dan Pikiran
Zat yang terkandung dalam lulur dapat meresap ke dalam kulit dan memberikan sensasi pijatan ringan bagi badan yang pegal-pegal. Selain itu aroma rempah dapat menenangkan pikiran yang sedang kalut dan lelah. Pilih lulur yang mengandung bunga-bungaan atau rempah yang mengeluarkan zat aroma terapi untuk relaksasi.
1.3    JENIS-JENIS LULUR
Lulur dapat dibagi 2 jenis yaitu:
      – Lulur tradisional
Lulur tradisional terbuat dari rempah-rempah dan tepung yang teksturnya kasar yang digunakan dengan cara dioleskan dan digosok perlahan-lahan ke seluruh tubuh untuk membersihkan badan dari kotoran serta mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh sehingga kulit terlihat bersih dan halus
 Lulur modern
Sedangkan yang modern, terbuat dari butiran scrub yang dilengkapi lotion yang rata-rata terbuat dari susu. Lulur modern menggunakan campuran bahan alami yang berupa ekstrak agar lulur lebih tahan lama dan penggunaannya dirancang lebih praktis sehingga mudah dalam penggunaannya
            Lulur juga dapat diklasifikasikan sebagai:
1.        Lulur mandi/body scrub
Lulur mandi atau dalam beberapa produk agar tampak modern ditulis dengan istilah body scrub, merupakan lulur yang digunakan saat tubuh dalam keadaan basah (mandi). Penggunaannya adalah dengan mengoleskan pada seluruh bagian tubuh lalu menggosoknya perlahan. Setelah digosok-gosok, bilas tubuh dengan ait tanpa menggunakan sabun mandi. Lulur jenis ini relatif lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif karena butiran scrub yang lebih kecil dan lembut, penggunaannya saat kulit dalam keadaan basah, dan terdapat bahan pembawa yang berfungsi melicinkan kulit sehingga akan terhindar dari iritasi saat penggosokan.
2.        Lulur kocok
Lulut ini merupakan salah satu bentuk lulur tradisional. Berbentuk lulur yang berair tapi tidak terlarut (suspensi). Sebelum digunakan, botol kemasan lulur dikocok terlebih dahulu, oleh karenanya lulur ini sering disebut lulur kocok. Penggunaannya adalah dengan mengoleskan lulur pada kulit yang kering lalu setelah mengering lulur tersebut digosok-gosok sehingga akan berjatuhan bersama dari kulit. Setelah itu bilas dengan air tanpa sabun.
3.        Lulur bubuk
Lulur ini juga merupakan bentuk tradisional. Berupa serbuk lulur kering yang penggunaannya dengan mengencerkan atau mengentalkannya terlebih dahulu dengan air biasa/air mawar sebelum digunakan. Setelah cukup encer/kental, kemudian lulur dioleskan ke seluruh tubuh (dalam keadaan kering atau sedikit basah) sambil digosok-gosok. Tunggu beberapa menit atau sampai mengering, lalu bilas dengan air tanpa sabun. Lulur jenis ini lebih praktis karena kemasannya mudah dibawa dan penggunaannya lebih mudah.
4.        Lulur bali
Jenis lulur ini dilihat dari kemasannya menyerupai lulur mandi atau body scrub. Tapi penggunaannya berbeda dengan lulur mandi. Lulur ini digunakan saat tubuh dalam keadaan kering. Setelah lulur dioles pada tubuh, gosok sampai lulur berjatuhan bersama daki. Biasanya lulur yang rontok akan berubah warna kecoklatan atau kehitaman yang menandakan daki telah ikut rontok.
            Jenis lulur dari bahan alami, yaitu:
 Lulur Melati
Sari minyaknya diambil dari bagian bunga melati mempunyai efek menyejukkan, yang berfungsi untuk relaksasi dan mencerahkan kulit, Menjadikan kulit putih, bersih halus, serta membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.
 Lulur Kuning / Lulur Temugiring
Temugiring mengandung atsiri, amilun, damar, lemak, tannin dan lainnya yang dapat memberikan perasaan tenang dan sensasi hangat, dapat melancarkan peredaran darah tepi dan juga untuk mencerahkan serta mengatasai bau badan.
 Lulur Bengkoang
Bengkuang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, dan kaya akan pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit serta mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang. Kandungan antiseptik dalam bengkuang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkuang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga.
 Lulur Kemuning
Sejak dahulu kemuning dipercaya menyimpan berbagai manfaat yang tidak ternilai harganya untuk perawatan kulit, wanginya yang eksotis ternyata mengandung berbagai senyawa kimia yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, serta menghaluskan dan melembabkan kulit.
Bubuk kopi yang digosok-gosokkan akan mengeluarkan minyak, sehingga lulur ini dapat menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah. Menghilangkan lelah pada kulit, mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. Selain itu dapat juga mencerahkan daerah-daerah lipatan.
 Lulur Coklat – Body Scrub Chocolate
Lemak coklat atau cocoa butter yang terkandung dalam lulur coklat berkhasiat melembutkan, menghaluskan kulit. Lulur coklat juga dapat memutihkan/mencerahkan kulit. Selain itu adanya katekin (catechin) yang merupakan antioksidan yang kuat yang ada dalam coklat dapat mencegah penuaan dini, mencegah keriput, dan menetralkan kulit.
 Lulur Boreh – Body Scrub Ginger
Jahe (ginger) yang dipadukan dengan rempah-rempah alami lainnya berkhasiat memperlancar peredaran darah, melembutkan kulit, memiliki efek menghangatkan tubuh, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan memberikan keseimbangan suhu tubuh.
 Lulur Lumpur
Lumpur yang sejak zaman dulu telah digunakan oleh bangsa Mesir dan Romawi untuk perawatan kecantikan dan kesehatan seperti melembutkan dan melembabkan kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan selulit dan mengeluarkan racun tubuh atau detoksifikasi.
 Lulur Green Tea – Body Scrub GreenTea
Kandungan Greentea yang kaya akan antioksidan dan vitamin untuk kulit bermanfaat untuk Mengangkat kulit mati, memberi nutrisi pada kulit. memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi, memutihkan kulit, menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit keriput.
 Lulur Susu
Susu kaya akan zat asam beta hydroxy alami, campuran susu dalam lulur ini tidak saja berguna sebagai peeling yang mengikis kotoran dan sel-sel kulit mati tetapi juga dapat mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih halus dan tidak bersisik. Selain itu, kandungan protein dalam lulur susu juga berguna sebagai suplai nutrisi yang berfungsi melembabkan sekaligus melapisi permukaan kulit agar lebih halus dan kenyal.
 Lulur Strawberry – Body Scrub Strawberry
Buah yang satu ini banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidroksi) yang membantu mengencangkan kulit, serta vitamin B, C, E, dan K. Lulur strawberry selain untuk mengencangkan kulit juga menyehatkan dan meremajakan kulit. Wewangiannya yang khas menjadikan lulur ini cocok untuk terapi relaksasi.
 Lulur Lavender – Body Scrub Lavender
Lavender berasal dari bahasa Romawi Lavare, yang berarti menenangkan. Lavender mengandung Linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. Juga dapat menghaluskan kulit terbakar, bekas luka & terkelupas.
 Lulur Alpokat – Body Scrub Avocado
Avocado atau buah Alpukat kaya akan vitamin E, dan mengandung omega 3, sehingga dapat menjadi antioksidan yang baik, mencegah penuaan dini, dan sebagai pelembab kulit alami. Buah alpukat juga bersifat anti inflamasi sehingga dapat mendinginkan kulit. Cocok untuk kulit kering atau yang sering berada di dalam ruangan berpendingin ruangan (AC).
 Lulur Rumput Laut – Body Scrub Seaweed
Rumput Laut mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A, B kompleks, C, D, dan K. Kandungan vitamin tersebut memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit lebih lembab dan kencang. Vitamin C juga dapat membantu menangkal radikal bebas.
 Lulur Lemon – Body Scrub Lemonade
Lemon mengandung banyak zat dan vitamin yang bermanfaat untuk body detox, slimming,dan mengurangi kadar lemak dibawah kulit. Selain itu aroma lemon membantu untuk menjernihkan pikiran, memberikan ketenangan, mengurangi strees dan rasa kaku
– Lulur Ketan Hitam
Ketan Hitam memang dikenal mengandung gizi dan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan varian padi-padian yang lain. Ternyata vitamin dan zat yang terkandung juga bermanfaat untuk kecantikan kulit seperti mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit.
 Lulur Pinang
Lulur tradisional yang terbuat dari bahan herbal pinang mengandung anti oksidan, serta anti septik. Baik untuk menjaga kehalusan serta keremajaan kulit, menghilangkan flek serta noda di kulit.
 Lulur Kayu Manis – Body Scrub Cinnamon
Cinnamon atau kayu manis, kandungan alami yang dimiliki kayu manis mampu memberi nutrisi pada kulit, menjadikan kulit lebih sehat serta lebih bersih bercahaya, aroma wangi yang alami dalam kayu manis bisa menghilangkan bau badan , mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, paduan rempah kayumanis yang menenangkan akan membersihkan tubuh sekaligus meredakan rasa lelah.
 Lulur Cendana
Lulur tradisional yang berbahan dasar kayu cendana ini bermanfaat untuk mengangkat kulit mati, kotoran dan debu, memberi nutrisi pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi, memutihkan kulit, menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit keriput serta dapat menghilangkan bau badan dan memberikan keharuman pada tubuh yang tahan lama.
 Lulur Mawar – Body Scrub Rose
Kandungan alami yang dimiliki bunga mawar membantu melawan tanda- tanda penuaan dan melindungi kulit dari keriput dan peradangan, mawar membantu menjaga keseimbangan pH alami kulit sehingga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim, sifat antibakteri dalam air mawar mampu membersihkan kulit secara menyeluruh namun tetap lembut, meratakan & mencerahkan warna kulit, menjadikan kulit lebih bersih bercahaya, mengangkat kotoran pada kulit, mengangkat sisa sel-sel kulit yang telah mati kemudian meremajakannya Kembali.
 Lulur Kacang Hijau
Lulur kacang Hijau kaya akan vit E, vit C, vit B1 dan banyak mineral yang berguna sebagai makanan untuk kulit. Bermanfaat untuk peremajaan kulit, menghaluskan kulit, mengatasi jerawat dan flek hitam.
1.4    FORMULA LULUR
Contoh formula lulur yaitu:
Nama Bahan
%
Jumlah yang digunakan
Amylum oryzae
80%
24 g
Curcuma domestica
8%
2,4 g
Citrus bystrik
2%
0,6 g
Alyxiae cortex
5%
1,5 g
Oleum olivarum
1%
0,3g
Zat tambahan lain-lain
Ad 100%
Ad 30 g
Keterangan: lulur yang akan dibuat sebanyak 30 gram

Cara Pembuatan
:
a. Beras ketan dan beras putih biasa disiapkan.
b. Sebagian kunyit diparut, kemudian diaduk-aduk dengan beras sampai warna kuning cerahnya melekat.
c. Setelah itu dikeringkan sebentar.
d. Kemudian disangrai (digoreng tanpa minyak) sebentar sampai harum, namun tidak sampai gosong.
e. Beras kuning ditumbuk kemudian ditambahkan sedikit-sedikit minyak zaitun. Ditumbuk sampai halus sehingga seperti scrub.
f. Bahan lain seperti Alyxiae cortex dihaluskan.
g. Setelah itu kedua bahan dicampurkan sampai merata.
h. Terakhir, sediaan ditambahkan beberapa tetes Citrus bytrix sebagai pengaroma.
i. Sediaan dikemas.
BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
Ø  Lulur adalah perawat kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan kotoran yang melekat pada kulit, serta memelihara dan merawat kehalusan kulit serta mencerahkan kulit agar tidak kusam.
Ø  Lulur dapat dikelompokkan berdasarkan lulur tradisional dan modern, jenis lulur dan lulur dari bahan alam.
Ø  Lulur dapat berupa serbuk, semisolid ataupun cair
3.2  SARAN
Ø  Penggunaan lulur harus diperhatikan agar hasil yang didapatkan maksimal
Ø  Hati-hati dalam memilih lulur yang digunakan
Ø  Pelajari lebih lanjut mengenai lulur baik dari buku ataupun jurnal

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *