Rinuak, Ikan Endemik dari Danau Maninjau


IMG_20160608_170107_HDR

Rinuak, fauna dengan nama ilmiah Psilopsis sp ini dikelompokkan ke dalam kelas Pisces (ikan).

Ikan rinuak sekilas mirip teri medan, ukurannya sangat mini berkisar 2-3 cm.

kenapa saya sebut endemik? coba deh, kamu searching di google dengan kata ‘rinuak’, pasti akan ada kata ‘Maninjau’

yup, karena ikan rinuak hanya dapat hidup di danau Maninjau, yaitu danau yang berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Danau Maninjau, danau yang terkenal dengan legenda “Bujang Sambilan” ini konon kabarnya berasal dari letusan gunung Maninjau / Tinjau.

Danau Maninjau menjadi sumber pencaharian bagi masyarakat sekitar karena kekayaannya akan flora dan fauna yang banyak, seperti bada (kalau di danau Singkarak disebut bilih), rinuak, pensi (kerang kecil-kecil). Selain itu, danau Maninjau juga dijadikan tempat usaha perikanan yang disebut karamba.

kembali ke ikan rinuak, dibaca ‘ri-nuak’, bukan rinuk, ataupun rinu-ak, ya

Ikan rinuak hanya akan bertahan sebentar setelah ditangkap, walaupun diberi oksigen atau air pun tidak akan bisa mempertahakan ikan rinuak tetap hidup. Ikan rinuak hanya akan bertahan segar sekitar 3 jam (berdasarkan pengalaman) di suhu kamar, sehingga ikan rinuak sulit dibawa untuk perjalanan jauh, kecuali kamu bawanya pake lemari es *krik*

Jadi, agar ikan rinuak dapat bertahan lebih lama maka dibuat dalam bentuk kering, dengan digoreng tanpa tambahan bahan lain (tanpa eksipien, #eh #bukanpreformulasi), atau dalam bentuk rempeyek rinuak. Selain dalam bentuk kering, ikan rinuak juga diolah menjadi palai rinuak. Untuk orang Maninjau yang berada di rantau, maka olahan kering ikan rinuak ini dapat dijadikan obat penawar rindu akan kampung halaman

Ikan rinuak juga bisa diolah menjadi teman makan nasi seperti gulai rinuak, atau rinuak goreng balado

Kadar protein dalam ikan rinuak cukup tinggi, yaitu kurang lebih 20%
Mau coba?

Yuk! datang ke Maninjau!

di jalan raya Maninjau banyak berjejer warung-warung yang menjual berbagai hasil olahan kekayaan danau Maninjau, termasuk ikan rinuak.

Salam rinuak XOXO

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *