Monthly Archives: October 2015


7
Berapa sih dosis obat yang kita berikan untuk hewan percobaan? Sama atau beda dengan dosis obat pada manusia? Jumlah dosis yang diberikan pasti berbeda. Kenapa? Dosis antar manusia saja ada yang berbeda, secara umum dilihat dari segi usia dan berat badan (BB). Nah, apalagi pada hewan percobaan, dengan BB yang beda jauh dengan BB manusia. Yekan yekan~ Jadi, gimana cara menghitungnya? atau Agar lebih mudah, kedua rumus di atas bisa kita lebur (?) menjadi: Keterangan: C          : Konsentrasi sediaan (mg/ml) Dosis   : Dosis sediaan obat (mg/kg) VAO     : Volume pemberian (ml) BB   […]

Menghitung Dosis untuk Hewan Percobaan


2
(Cuma sekedar postingan iseng, rehat dulu dari laporan sejenak heuahuaheaue) Sebagai mahasiswa saintek *cieee*, kita ga cuma belajar di kelas aja, pembelajaran juga dilakukan di laboratorium, dan disebut dengan “praktikum”. (nggak tau ya kalo di soshum gimana sistemnya heauehaueahehe) Di fakultas saya sendiri (red: farmasi) setiap semester perkuliahan itu selalu diisi dengan beberapa praktikum, dan untuk tiap praktikum kita diwajibkan menulis laporan praktikum. Ada laporan awal, laporan akhir, ada juga laporan yang berbentuk jurnal. Dan laporannya nggak boleh diketik, harus ditulis tangan. Di awal-awal semester, membuat laporan (bagi saya) terasa cukup berat. Karena masih baru, jadi masih butuh menyesuaikan diri. […]

Keuntungan dan Kerugian membuat Laporan Praktikum



Annyeonghaseyo…. Berhubung besok mau ujian Farmasetika II, jadi malem nih saya mau share tentang cara menghitung sediaan steril………………………………………..ga ada hubungannya emang wkwk Sooo, sebelum kita bahas lebih lanjut, perlu diketahui dulu beberapa istilah yang berkaitan dengan materi ini, yaitu: Sediaan steril adalah sediaan obat yang bebas dari mikroorganisme hidup, seperti bakteri aerob-anaerob beserta spora-sporanya, jamur, cendawan, virus ricketsia dan protozoa. Sediaan steril di farmasi ada beberapa golongan, yang paling umum dikenal itu sediaan parenteral (bisa berupa injeksi volume kecil dan besar) dan sediaan obat mata (tetes mata, salep mata, dll) Injeksi adalah sediaan steril berupa larutan, emulsi atau suspensi atau […]

Menghitung Isotonis Sediaan Steril