Batuk Berdahak dan Batuk Kering, Apakah Obatnya Sama?


Hellows, kali ini saya mau bagi-bagi ilmu sedikit tentang obat batuk.
Sebelum kita tau obatnya, kita musti tau dulu, batuk itu apa sih?
Batuk itu sebenernya bukan penyakit, batuk itu respon alamiah tubuh untuk membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi (misalnya debu dan asap) agar keluar dari saluran pernafasan kita.
Tapi, batuk yang berlebihan dan lama itu ga baik juga, karena akan bisa menimbulkan gangguan lain di saluran pernafasan, sehingga harus cepat diobati. Lalu, gimana dengan obatnya?
Secara umum yang kita tau kan batuk itu ada batuk berdahak, dan batuk tidak berdahak (batuk kering), apakah obatnya sama? Atau beda?
Jawabannya adalah………….. beda.
Jadi, untuk batuk berdahak, golongan obat yang sering digunakan itu adalah ekspektoran dan mukolitik. Hasil kerja yang diinginkan itu sama, yaitu membuat sekret (dahak) lebih mudah dikeluarkan, yang berbeda itu di mekanisme kerjanya.
       Ekspektoran
Ekspektoran bekerja dengan meningkatkan produksi mukus, yang dirangsang saraf parasimpatis yaitu nervus vagus, sehingga viskositasnya akan turun, maka sekret encer dan mudah dikeluarkan
Contoh obatnya itu ada Gliseril Guaiakolat/GG, Kalium Idodia, Amonium Klorida, Succus Liquiritae
       Mukolitik
Mukolitik bekerja dengan cara memutus benang-benang  mukoprotein dan mukopolisakarida, sehingga sekret akan encer dan mudah dikeluarkan.
Contoh obatnya itu ada Ambroxol, Bromheksin, Asetilsistein
Sedangkan untuk batuk kering, golongan obatnya disebut antitusif. Antitusif ini bekerja menekan batuk, dimana berdasarkan tempat kerjanya antitusif dapat dibedakan atas 2 yaitu antitusif yang bekerja di perifer (bekerja di saluran nafas) dan antitusif yang bekerja di sentral (di pusat batuk.)
Antitusif ini dapat juga dibedakan 2, yaitu antitusif narkotik dan non-narkotik. Kenapa dia disebut narkotik? Karena akan dapat menimbulkan ketagihan, obat antitusif narkotik itu contohnya kodein, dihidrokodein. Sedangkan untuk antitusif non-narkotik contoh obatnya dektromertofan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *